wartaindonesiaonline.com -Sumut,  Syarikat Islam (SI) merupakan organisasi islam yg tertua di Indonesia, yg tidak akan bisa dihapus dalam sejarah bangsa Indonesia, menjadi pelopor kesadaran kaum pribumi khususnya masyarakat muslim tentang perlunya memupuk rasa nasionalisme demi sebuah bangsa yg merdeka dari Hindia Belanda., yg diawali dari semangat menentang ketidak adilan dan kesewenangan penjajah terhadap para pedagang dan pekerja pribumi dimasa itu , berdirilah Sarekat Dagang Islam (SDI) pada tahun 1905 oleh H. Samanhudi lalu pada tahun 1906 dirubah menjadi Syarikat Islam (SI).

Demikian disampaikan oleh ketua PW. Syarikat Islam Sumut, H.Hendra Cipta,SE dalam acara safari Ramadhan Syarikat Islam 1442 H  di mesjid nurul huda, tangkahan, medan labuhan  kota medan. ini adalah kunjungan lanjutan dari rangkaian Safari Ramadhan SI Sumut di 10 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara .

Hendra menyatakan bahwa SI dibawah kepemimpinan bapak Hamdan Zoelva selaku Ketua Umum kembali kepada khittahnya yaitu perjuangan pergerakan kebangkitan ekonomi umat muslim indonesia. “Umat Muslim harus diperkuat perekonomiannya, , disamping juga tetap melaksanakan fungsi sosial dan dakwah di tengah masyarakat”, SI sumut akan berupaya menjadi pelopor hal tersebut  melalui berbagai program yg sudah berjalan dan mengajak para pengusaha muslim utk mau memberikan dukungannya.

Tampil sebagai penyampai tausiyah Alustadz H. Samin Pane yg dikenal banyak  jamaah dgn sebutan ustadz sampan, dgn materi MAKNA ISLAM.

Dalam kesempatan itu, SI Sumut memberikan kenang-kenangan berupa mushaf alquran, peralatan sholat, serta keperluan utk tadarus jamaah masjid nurul huda dan ketua SI Kota Medan/Sudari,ST memberikan bingkisan secara simbolis utk seluruh jamaah masjid.

Turut bersama rombongan SI Sumut Drs Ali Natar Siregar, Rusli Tanjung, Ahmad Sugeng, Nurhadiba Pane, Hamidah, Sudari,ST/Ketua SI Medan, Setia Budi Pandia/sektetaris SI Medan, Hanafi /Ketua Pemuda Muslimin Indonesia Kota Medan, dan beberapa pengurus lainnya.

Baca Juga  Pengurus PKS Sumut Silaturahmi Kebangsaan Bersama Abdillah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here