Warta Indonesia – Medan, Masjid Baiturrahman Komplek JIP 1 Medan Johor sabtu pagi, 9 Sya’ban 1443 H atau 12 Maret 2022 M mendapat kunjungan istimewa dari Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan, Jokyakarta Al Ustad M. Jazir ASP didampingi Muhammad Rosyidi.

Dalam kuliah subuhnya ust Jazir menyampaikan dengan lugas dan rinci agar dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas orang yang sholat ke masjid dan meningkatkan orang pembayar zakat, infaq, sedekah maka diperlukan berbagai metode.
Pertama, menghapus ketakutan – ketakutan masyarakat, seorang muslim hanya boleh takut kepada Allah saja.

Orang-orang yang menjalankan agamanya dengan benar di zaman penjajah dulu dianggap radikal, namun umat muslim tetap menjalankan agamanya dengan benar dan percaya Allah akan membantu, sehingga Indonesia bisa merdeka dengan senjata apa adanya.

Ustadz Jazir melanjutkan, kalau kita bergantung kepada selain Allah, jika bergantung kepada makhluk seperti penyandang dana, kepentingan dunia maka kaum muslim sulit bersatu.

Kedua, Yang perlu sangat kita sadari masjid milik Allah bukan milik pengurus atau milik yayasan, bukan pula milik ahli waris karena kalau masjid atau pertapakan tapak masjid sudah diwakafkan maka ahli waris tidak ada haknya lagi, dan jangan takut masjid kekurangan dana.

Yang tidak kalah pentingnya BKM harus aktif Silaturahim dan memberi contoh kepada jamaah, susun program sesuai kebutuhan jamaah minta masukkan dari masyarakat dan jamaah.

Beliau membacakan Surat At-Taubah ayat 18 artinya :

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang – orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apapun) kecuali kepada Allah. Maka Mudah-mudahan mereka termasuk orang – orang yang mendapat petunjuk.

Baca Juga  Simple form creation and storage, built for developers.

Dijelaskan beliau terutama terkait kiat-kiat mengelola Program-program memakmurkan, masjid Jogokariyan jamaahnya membludak terlebih sholat subuh lebih dari 2000 jamaah yang sholat disini.

Ustadz Jazir berpesan agar setiap masjid punya data base dan pemetaan jamaah, data dan pemetaan jamaah yang sholat ke masjid, yang sholat dirumah, belum melaksanakan sholat dan non muslim yang tinggal disekitar masjid, ini penting dengan data kita bisa berbuat lebih maksimal untuk kemaslahatan umat.

Menurut Penasehat Masjid Baiturrahman Ust. Salman Al Farisi konsep manajerialnya sangat luar biasa, seandainya diterapkan di masjid – masjid kota Medan akan membawa dampak yang sangat luar biasa, baik dampak ekonomi maupun dampak sosial politiknya ujar Salman.

Ketua BKM Masjid Baiturrahman H. Abdul Karim Saat ditanya penulis Abdul Aziz bagaimana kondisi jamaah yang sholat disini? Alhamdulillah tetap ramai dengan jamaah yang sholat maupun kegiatan rutin lainnya seperti pengajian dan perayaan Hari-hari Besar Islam ujar H. Abdul Karim.
Penulis: Abdul Aziz, ST
Pengamat Sosial dan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here