Peringatan Hari Hutan Sedunia, Menjaga dan Melestarikan Hutan Menjadi Tugas Kita Bersama

Featured165 Dilihat

Warta Indonesia – Medan | Peringatan Hari Hutan Sedunia ( International Day of Forest) di tetapkan oleh PBB dalam resolusi PBB 67/200 pada 21 Desember 2012.Diperingati pertama kali pada tanggal 21 Maret 2013, tujuannya adalah mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya hutan demi keberlangsungan hidup lingkungan dan manusia.

Mengapa peringatan ini penting?, karena setiap tahunnya 13 juta hektar hutan menghilang dari muka bumi.
Bersama dengan hilangnya hutan, hilang pula ekosistem yang ada di dalamnya termasuk spesies dan tumbuhan langka.
Sekitar 80 % keanekaragaman hayati berada di hutan, deforestasi menyebabkan sekitar 12 hingga 18 persen emisi karbon dunia tidak terserap.

Hutan juga merupakan media sekuestrasi karbon (proses pemindahan karbon dari atmosfer dan mendepositkannya ke reservoir) yang utama.
Selain ekosistem, populasi manusia terutama masyarakat adat di sekitar hutan sangat bergantung pada hasil hutan non-kayu untuk kelangsungan kehidupan mereka.
Dilansir dari kompas. com, Peneliti senior Chatham house, Alison Hoare mengatakan pada 2013 setidaknya setengah dari perdagangan kayu ilegal global berasal dari indonesia.
Situasi tersebut berpotensi memunculkan perubahan lingkungan atau gangguan ekologi karena aktivitas manusia.

Ironi memang “Meskipun banyak penebangan kayu ilegal yang sudah tertangkap, namun kayu tersebut tidak dapat dikembalikan menjadi pohon hidup yang dapat menyerap dan menyimpan karbondioksida (CO2) lagi.

Apa Yang Dapat Kita Lakukan.

Salah satu bentuk upaya tindakan melestarikan hutan diantaranya, pengelolaan hutan yang berkelanjutan, melakukan perbaikan lahan dan penanaman pohon kembali pada kawasan hutan yang rusak (reforestasi) serta melakukan penanaman pada kawasan hutan (afforestasi).

Beberapa upaya di atas diharapkan dapat mewujudkan kelestarian dan keberlanjutan hutan agar dapat memberikan jasa lingkungan dalam jangka panjang bagi generasi penerus.
Penulis: Abdul Aziz, ST
Pengamat Sosial dan lingkungan

Alamsyah Hsb
Latest posts by Alamsyah Hsb (see all)
Baca Juga  Hikmah di Balik Puasa Sya’ban

Komentar