Silaturahmi dan Berbuka Puasa bersama PB. ISMI dan PW. Ikatan Sarjana Melayu Indonesia (ISMI) Sumatera Utara.

Religius, Sumut66 Dilihat
Alamsyah Thoib

Sesungguhnya bulan ramadhan adalah bulan tarbiyah, bulan cinta, bulan yang mengajarkan akhlak mulia bagi kita semua.
Memasuki ramadhan ke 18 tahun 1443 H bertepatan 20 April 2022 M, momentum ramadhan dimaknai secara luas oleh Pengurus PB. Ikatan Sarjana Melayu Indonesia (ISMI) dan Pengurus PW. ISMI Sumatera Utara untuk konsolidasi, silaturahmi dan sekaligus berbuka bersama bertempat di Medan Club Jln. Kartini Medan.

Diawali tilawah Al-Qur’an dilanjutkan sambutan oleh Ketua PW ISMI Dr. Abdul Rahim, M. Hum, bahwa yang dikatakan orang Melayu itu ialah: (1)Beragama Islam, (2) Berbahasa Melayu (Indonesia), (3) Berbudaya Melayu, (4) Mengaku Melayu (resam Melayu). “Rahim sangat mengapresiasi pertemuan ini kedepannya konsolidasi dan pertemuan seperti ini akan di agendakan secara rutin,” ujarnya. Sementara Ketua Pengurus Besar (PB) ISMI Tengku Dr. Ir. Erry Nuradi M,Si memaknai Silaturahim ini menyampaikan bahwa kemampuan suku Melayu atau resam melayu tidak kalah dengan suku-suku yang lainnya, betapa tidak sepanjang sejarah Pemerintahan Provinsi di Sumatera Utara (Sumatera Timur, pen) empat orang Gubernurnya berasal dari suku Melayu, salah satunya Dato Syamsul Arifin, sahabat semua suku yang hadir saat ini ungkap Erry Nuradi.

Baca Juga  Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi Ajak Semua Pihak "Bersatu Membangun Sumatera Utara"

Dalam waktu dekat PB ISMI dan PW ISMI akan akan menerbitkan buku 100 tokoh Melayu Nusantara, selama ini banyak tokoh-tokoh melayu yang punya prestasi luar biasa tetapi kurang di kenal di masyarakat.
Banyak tokoh-tokoh Melayu yang berbakti pada bangsa dan negara. Tugas kitalah, tugas generasi muda untuk mengangkat tokoh-tokoh Melayu agar dikenal luas, bahkan layak diangkat sebagai pahlawan Nasional seperti T. Umar Baki.

Usai Ramadhan ini kita akan menginventarisir nama-nama yang layak diusulkan kepada Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Sumatera Utara jelas Nuradi didampingi Sekjen ISMI, Prof. Dr. Ilmi Abdulah dan Prof. Pujiati Chalid.
Sementara Rektor UISU Dr. Yanhar Jamaluddin dalam kesempatan ini menyampaikan akan menghadiri Simposiumakan menerbitkan buku 100 tokoh Melayu Nusantara, selama ini banyak tokoh-tokoh melayu yang punya prestasi luar biasa tetapi kurang di kenal di masyarakat.
Banyak tokoh-tokoh Melayu yang berbakti pada bangsa dan negara. Pengantara Bangsawan Bahasa Melayu diKuala Lumpur pada bulan Mei 2022 ini.

Abdul Aziz bersama pengurus PB ISMI lainnya saat usai berbuka, berfoto bersama.

Dalam tausyiahnya Guru Besar UINSU Prof. Fakhruddin Azmi mengulas bahwa, “Melayu itu Islam, Islam itu Melayu.
Kesabaran perlu ditingkatkan terlebih di bulan Ramadhan ini,” jelas Azmi. Turut hadir Perwakilan PW. ISMI Kabupaten Asahan, Batu Bara, Sergei, Deli Serdang, Ketua DHD 45, Mayjen TNI (Pur) Hasyim, Datuk Adil dan undangan lainnya. Silaturahim ditutup do’a dan berbuka bersama.

Penulis: Abdul Aziz, ST
Pengurus PW. ISMI Sumut.
Pemerhati Sosial dan Lingkungan.

Komentar

Top News