Abdul Haris Lubis Kaban BPBD Sumut: Berikan Edukasi Kebencanaan Pada Jamboree Gerakan Pramuka Cabang Medan

Organisasi45 Dilihat

Warta Indonesia – Medan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara, Ir. Abdul Haris Lubis , M.Si selaku Kepala BPBD Sumut, di dampingi M. Husni, SE,. M. Si. Kepala Kwarcab Pramuka Kota Medan dan relawan bencana memberikan edukasi Kebencanaan dan memitigasi resiko kepada para peserta Jamboree Gerakan Pramuka Cabang Medan di Taman Cadika Pramuka Medan Johor, Ahad 29 Mei 2022.

Indek Resiko Bencana (IRB) di Sumatera Utara jelas Haris masuk dalam kategori sedang.
Ada tiga fase mengenai penanggulangan bencana; Pertama, Pra bencana, Fase kedua adalah fase darurat bencana, dan terakhir adalah pasca bencana.

Haris menjelaskan apa itu mitigasi? mitigasi adalah cara atau upaya meminimalisir resiko bencana bahkan diharapkan tidak ada korban jiwa atau harta benda. Bagaimana langkah – langkah yang dapat dilakukan dihadapan para pramuka panggalang yang nantinya akan memegang estafeta kepemimpinan di negeri ini ungkap, Haris.

Mitigasi yang dapat dilakukan adalah normalisasi dan naturalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS), menata lingkungan dan pemukiman sesuai peruntukkannya, serta bagaimana menanggulangi ROB yang setiap saat terjadi di daerah pesisir pantai terlebih daerah Medan Utara, khususnya pemukiman di sekitar Belawan.

Menilik sungai-sungai di kota Medan sangat rawan banjir. Pentingnya saya jelaskan fase Pra Bencana. Kerusakan atas lingkungan sudah sangat lama dan masif, begitu pentingnya mengelola bencana dan memitigasi dalam pencegahan.

Risk Management (manajemen resiko) adalah suatu pendekatan terstruktur menggunakan metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman, suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk :
Penilaian resiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi resiko dengan menggunakan pemberdayaan atau pengelolaan sumber daya, ” jelas Haris.

Ka Kwarcab Pramuka Cabang Medan sangat mengapresiasi atas edukasi yang disampaikan Abdul Haris selaku Kepala instansi yang memegang otoritas penanggulangan Kebencanaan di Sumut, Ungkap M. Husni.
Penulis : Abdul Aziz, ST (Pemerhati sosial dan lingkungan)

Alamsyah Hsb
Latest posts by Alamsyah Hsb (see all)
Baca Juga  BKPRMI Dukung Sikap Tegas Mabes Polri Berantas Judi di Indonesia

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar

Top News