Idul Fitri Momentum Membangun Silaturahmi: Dewan Pengurus MUI Kota Medan adakan Halal bi Halal

Medan, Religius, Sumut104 Dilihat
Alamsyah Thoib

Idul fitri adalah momentum untuk menguatkan niat menggapai ridho Ilahi yang dapat menghantarkan diri menuju kemenangan dalam bentuk silaturahmi dan bermaafan dari Segala kesalahan dan dosa, hingga hari itu disebut sebagai hari lebaran.

Didalamnya terkandung makna adanya kesadaran diri untuk menjadi orang yang rendah hati, tidak sombong serta takabur.
Memaafkan serta meminta maaf merupakan refleksi dari akhlaq mulia, itu merupakan kesempurnaan iman. Halal bi Halal digelar di Hotel Madany pada Rabu 10 Syawal 1443 H atau 11 Mei 2022 M.

Dalam sambutannya Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Medan Dr. H. Hasan Maksum, M. Ag menyampaikan harapannya dalam acara Halal bi Halal ini. “Semua komponen yakni ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, cendikiawan Muslim dan Walikota Medan beserta OPD dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam kebaikan, yakni ; Satu, Halal bi Halal ini dapat memupuk rasa kekeluargaan dan mempererat silaturahmi setelah renggang di era pandemi covid. Dua, terbangunnya kolaborasi yang produktif dalam rangka membangun kekuatan umat di kota Medan. Ketiga, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan sebagai perekat berbagai elemen masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan untuk dapat terbangun kebersamaan dalam menghadapi tahun-tahun politik, jangan perbedaan pilihan politik menimbulkan perpecahan dan kegaduhan di kalangan umat,” ujar Hasan Maksum.

Baca Juga  Musabaqah Fahmil Qur'an Tingkat Kecamatan Datuk Bandar Timur Meriah
Foto: Komisi Syiasah Syariah dan Kerjasamanya antar Lembaga dalam Halal bi Halal.

Dan berpeganglah kamu semua kepada Tali (Agama) Allah, Dan janganlah kamu bercerai berai, Al Qur’an Surah Ali Imran 103.
Sementara Ketua Panitia yang juga Wakil Ketua Umum, Drs. H. Burhanuddin Damanik menyampaikan, “agar ukhuwah terjalin dengan baik, dan ini menjadi modal menyahuti persoalan umat, dengan keberdamaan kita kuat dalam menghadapi tugas-tugas kedepan.” ujarnya.

Dalam sambutannya Walikota Medan, Bobby Afif Nasution, menyampaikan, “Pemerintah kota Medan siap membangun kerjasama dan berkolaborasi dengan MUI Kota Medan, MUI di 21 Kecamatan.” tegas Bobby berharap, ” hubungan yang baik ini terus terjalin, agar kami dalam mengemban tugas-tugas pemerintahan ini mohon selalu dibimbing dan dinasehati,” ujar Bobby lagi.

Tausyiah Halal bi Halal disampaikan oleh Al Ustadz Prof. H. Hasballah Thayib.
Yang sebelumnya Sekretaris Umum MUI, Dr. H. Syukri Albani Nasution menyampaikan, “bahwa MUI adalah tempat bertanya, tempat mengadu, tempat menyelesaikan berbagai persoalan keumatan, dan MUI untuk itu tidak meminta bayaran dan imbalan, ini sudah menjadi tugas MUI,” tegas Syukri Albani.
Acara ditutup makan dan sholat Zuhur berjamaah. (Aziz.wio)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar

Top News