Gempa Bumi Tektonik M4.8 Guncang Sinabang dan Lasikin Simeulue

Sinabang – Warta Indonesia | Kejadian dan Parameter Gempabumi: Hari Senin, 20 Juni 2022 pukul 12:01:37 WIB wilayah Sinabang diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.20 LU dan 96.23 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 33 km arah Barat Daya Sinabang – Aceh pada kedalaman 77 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi: Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi.

Dampak Gempabumi: Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Sinabang dan Lasikin Simeulue III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Gempabumi Susulan: Hingga hari Senin, 20 Juni 2022 pukul 12:30:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Rekomendasi:
Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

Medan, 20 Juni 2022/Kepala BBMKG Wilayah I Medan/DARMAWAN, S.Si., M.Si

Alamsyah Hsb
Latest posts by Alamsyah Hsb (see all)
Baca Juga  HMD ke - 72" Peringatan Dini dan Tindakan Dini Untuk Pengurangan Resiko Bencana Hidrometeorologi"

Komentar

Top News