Dr. Fikri Alhaq: Visi HADESYA UINSU Berkontribusi Bagi Pengembangan Ekonomi Syariah Ummat

Medan, Organisasi218 Dilihat

Medan – Menjadi sejarah baru bagi usaha pengembangan ekonomi syariah di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Setelah sebelumnya Alumni Doktoral Ekonomi Syariah UIN SU medan melakukan musyawarah besar ke 1 di tanggal 24 Juli 2022 dan meghasilkan keputusan strategis dan monumental yaitu terbentuknya organisasi yang menghimpun para Doktoral Ekonomi Syariah UIN SU Medan.

Kali ini dilaksanakan pelantikan sekaligus diskusi dan rapat kerja perdana untuk menyusun program kerja selama 4 tahun kedepan di periode kepengurusan HADESYA (Himpunan Alumni Doktoral Ekonomi Syariah) UINSU Medan periode 2022 – 2026 bertempat langsung di Kampus UINSU Pascasarjana Medan. (Minggu, 20 November 2022)

HADESYA UINSU MEDAN memiliki Visi Terwujudnya Organisasi Alumni Doktoral Ekonomi Syariah yang berkontribusi dalam Pengembangan Ekonomi Syariah Kepada Almamater UINSU MEDAN dan Ummat. Misi organisai ini adalah Menjaga Silaturrahim / Jejaring Antar Alumni Doktoral Ekonomi Syariah UINSU MEDAN dalam Pengembangan Ekonomi Syariah, Mengoptimalkan Peran Alumni Bagi Pemberdayaan Ekonomi Ummat, dan Memberikan Kontribusi Kepada Almamater UINSU MEDAN, Khususnya Program Studi Doktor Ekonomi Syariah, dalam Menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Dalam acara tersebut Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr Muhammad Yafiz, MA, bersama Wakil Dekan Bidang Akademik & Kelembagaan Dr. Marliyah , Mag, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan & kerjasasama Dr Mustapa Khamal Rokan, M.H melantik Pengurus HADESYA UINSU MEDAN Periode 2022 – 2026, yang terdiri atas Dewan Penasehat yang diketuai oleh Dr. Saparuddin, SE,Ak.,M.Ag, dan Sekretaris : Dr. Muslim Marpaung, M.Si serta Anggota Dr. Sugianto, MA, Dr. Ir. Hermansyah Alam, M.T, M.M, Phd, Dr. Ade Gunawan, SE, M. Si.

Dalam sambutannya Dekan FEBI UINSU Medan alumni menjadi stakeholder strategis bagi perguruan tinggi dalam menjalankan tri dharma, baik Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pengurus yang dilantik diketuai oleh Dr. Pani Akhiruddin Siregar, M.A. dan Sekretaris: Dr. Fikri Alhaq Fachryana, S.TP, M.M, CLMP serta Bendahara Dr. Tetty Yuliaty, S.E., M.Si.

HADESYA UINSU MEDAN dalam rangka melaksanakan visi misinya memiliki 5 bidang yaitu bidang Networking Alumni yang diketuai oleh Dr. Hastuti Olivia, S.E., M.Ak. dan Anggota Dr. Iskandar, S.H.I., M.Si. dan Dr. Novi Indriyani Sitepu, S.H.I., M.A. Selanjutnya Bidang Profesionalisme yang diketuai oleh Dr. Ismi Affandi, S.E.Ak., M.Si., CA, CERA dan Anggota Dr. Ngatno Sahputra, S.E.I, M.A. dan Dr. Early Ridho Kismawadi, S.E.I., M.A.

Selanjutnya bidang Hubungan Almamater yang diketuai oleh Dr. Dini Vientiany, S.Pd., M.A. dan Anggota Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan Dr. Syafrida Hani, S.E., M.Si. Bidang Penelitian yang diketauai oleh Dr. Suginam, S.E., M.Ak. dan Anggota Dr. Bayu Tri Cahya, S.E., M.Si. dan Dr. Bambang Sugiharto, S.T., M.M. Terakhir adalah Bidang Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Dr. Sri Rahayu, S.E., M.Si. dan Anggota Dr. Muhammad Arif, S.E.I., M.A. dan Dr. Awaluddin, S.HI., M.A.

Diskusi dalam rangka Menyusun program kerja 4 tahun kedepan, HADESYA HADESYA UINSU MEDAN mengundang para pembicara sesuai dengan bidangnnya. Dalam rangka Menyusun strategi Peran Alumni Doktoral Ekonomi Syariah terhadap Pengembangan Almamater, Dr Andri Soemitra MA sebagai Kaprodi S3 Ekonomi Syariah menyampaikan gagasannya.

Selanjutnya dalam rangka Menyusun program peran alumni dalam Penelitian Ekonomi Syariah bagi Alumni Doktoral Ekonomi Syariah, Ketua IAEI (Ikatan Ahl Ekonomi Islam) Sumatera Utara menyampaikan materinya dalam hal ini diwakilan oleh Dr Andri Soemitra MA. Selanjutnya bagaimana peluang dan tantangan peran alumni dalam pengabdian masyarakat khususnya dalam Lembaga keuangan syariah, Dr. Deddy Nofendy M.Ag Sebagai Manajer Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Bank Aceh, menyampaikan materinya.

Alumni Doktor Ekonomi Syariah UINSU sendiri saat ini sudah ada 99 Doktor sejak dibukanya Program Studi tahun 2012 dan tersebar di seluruh Indonesia. Potensi ini besar karena setiap Alumni memiliki profesi yang berbeda beda, ada yang akademisi, pengusaha, profesional dan birokrat

Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh lebih dari 40 alumni Doktoral Ekonomi Syariah juga ditambah dengan mahasiswa Doktoral yang sedang menempuh Pendidikan. Harapan dari kegiatan ini adalah tentu saja menjadi bagian dari kontribusi para Doktor Ekonomi Syariah untuk pengembangan ekonomi Islam di tengah masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat. (Red)

Baca Juga  PW Persatuan Islam Sumatera Utara Kecam Pernyataan Menteri Agama

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar

Top News