Pemuda Tabagsel Silaturrahmi dengan Kadis PKP Sumut, Marwan A. Harahap: Sampah adalah Bahan Baku Produksi (Daur Ulang)

Pimpinan Pusat Pemuda Tabagsel, siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (PKP) Pemprovsu dalam mengentaskan Permukiman Kumuh di Sumatera Utara.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Tabagsel, Marwan Ashari Harahap, saat bersilaturahmi dengan Kepala Dinas PKP Sumut, Bapak Ir. Alfi Syahriza Harahap, ST, M. Eng, Sc. Diikantornya, Jumat, (4/11).

“Pemuda Tabagsel siap bekerjasama melakukan Pemberdayaan masyarakat untuk berperilaku bersih dan sehat serta dapat memilah dan mengelola sampah agar lebih berdaya guna dan bernilai ekonomi, ujar Marwan Ashari Harahap.

Menurutnya, masyarakat harus dirubah mindsetnya, pola pikir memandang sampah..karena sampah adalah sebagai bahan baku produksi yang bisa di daur ulang, sehingga bisa bernilai ekonomi. Oleh karenanya jangan dibuang sembarangan, tapi sebaiknya dipilah dan diolah, sehingga lingkungan kita juga bersih dan sehat, Marwan menjelaskan.

Selain itu, menurut Marwan Harahap, Sampah Organik yang bersumber dari rumah tangga, sebaiknya bisa diolah, bisa menjadi pupuk cair, Eco Enzym, atau juga menjadi pupuk kompos yang bermanfaat bagi tanaman. Sedangkan sampah An – organiknya, bisa ditabung yang dikelola oleh Bank Sampah. Ujarnya.

Oleh karenanya kedepannya, Pemuda Tabagsel berharap, kepada Pemprovsu memfasilitasi Pendirian Bank Sampah maupun TPST 3 – R, yang pengelolaannya bekerjasama Dengan pemuda Tabagsel. Jelas Marwan Harahap.

Sementara itu, Kadis PKP Sumut, Ir. Alfi Syahtiza Harahap, ST, M.Eng, Sc, mengatakan menyambut baik gagasan dan keinginan Pemuda Tabagsel, berkolaborasi dan bersinergi dalam upaya-upaya pengelolaan sampah agar bermanfaat, sehingga terwujud lingkungan bersih dan sehat.. Ujarnya.

Menurutnya, Pemprovsu, dalam hal ini, Dinas PKP Sumut, memiliki program Kota Kumuh, yang indikatornya, antara lain, bersih dari sampah, ada sarana prasarana pengelolaan sampah, sanitasi dan kesehatan, sarana air bersih, kepadatan penduduk dan pemukiman, rumah tidak layak huni, dan lain- lain. Katanya menjelaskan.

Baca Juga  Pangdam I/BB Sambut Panglima TNI untuk Meninjau Latihan Serbuan Pendaratan Amfibi di Dabo Singkep

Maka untuk mengentaskan kota kumuh ini, tentu peran masyarakat, terutama Pemuda Tabagsel, sebagai ormas Kepemudaan Tabagsel yang concern terhadap pengelolaan sampah sangatlah diharapkan. dinas PKP Sumut siap berkolaborasi dan bekerjasama Jelasnya.(ihb)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar

Top News