Scroll untuk baca artikel
BusinessFeaturedInvestasi

Cara Memilih Robo Advisor yang Tepat untuk Portofolio Investasi

473
×

Cara Memilih Robo Advisor yang Tepat untuk Portofolio Investasi

Sebarkan artikel ini

Investasi memang merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kekayaan pribadi. Namun, jika Anda ingin berinvestasi, pastikan Anda memilih produk investasi yang cocok dan sesuai dengan tujuan finansial Anda. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan alat bantu yang disebut Robo Advisor.

Apa Itu Robo Advisor?

Robo advisor adalah sebuah sistem yang mengatur dan mengelola portofolio investasi Anda berdasarkan profil risiko dan tujuan keuangan Anda. Robo advisor bekerja dengan menggunakan algoritma yang dapat memilih investasi yang tepat untuk Anda dan melakukan pembelian atau penjualan investasi secara otomatis. Selain itu, robo advisor juga dapat memberikan saran keuangan dan mengirimkan laporan portofolio secara berkala.

Robo advisor bisa menjadi cara efisien dan murah untuk memulai investasi. Namun, mereka juga dapat memberikan layanan yang lebih luas, termasuk saran keuangan dan manajemen portofolio yang lebih canggih.

Keuntungan Dan Kerugian Robo Advisor

Robo advisor adalah sebuah platform teknologi yang menyediakan rekomendasi investasi berdasarkan profil risiko investor. Robo advisor biasanya menggunakan algoritma untuk menganalisis data pasar dan memberikan saran investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan investor.

Keuntungan dari robo advisor adalah biaya yang relatif rendah, waktu yang dihabiskan untuk melakukan analisis pasar yang lebih sedikit, dan konsistensi hasilnya. Namun, kerugian dari robo advisor adalah fakta bahwa mereka masih relatif baru dan belum terbukti secara historis.

Selain itu, robo advisor juga hanya dapat memberikan rekomendasi berdasarkan informasi yang diinputkan oleh investor, dan tidak dapat memprediksi pergerakan pasar dengan tepat. Dengan kata lain, robo advisor hanya mengikuti alur investasi yang telah diprogram untuk mencapai tujuan tertentu, tanpa mengambil risiko atau mencoba strategi baru.

Fitur-Fitur Yang Harus Ada Pada Sebuah Robo Advisor

Robo advisor adalah sebuah sistem yang menganalisis data finansial dan membantu Anda dalam menentukan portofolio investasi yang tepat. Untuk memilih robo advisor yang tepat untuk portofolio investasi Anda, perhatikanlah fitur-fitur berikut:

1. Komprehensif dan mudah digunakan
2. memberikan rekomendasi investasi yang dapat dipertimbangkan
3. menyediakan alat analisis keuangan yang berguna
4. mendukung keputusan investasi Anda
5. terhubung dengan akun bank Anda
6. menawarkan layanan customer support 24/7
7. menyediakan informasi dan analisis pasar finansial
8. Dapat memantau portofolio Anda secara real-time
9. Memberikan rekomendasi investasi yang disesuaikan dengan tujuan keuangan Anda
10. Mampu melakukan rebalancing secara otomatis

Bagaiamana Cara Memilih Robo Advisor yang Tepat?

Robo advisor adalah sebuah alat yang dapat membantu Anda dalam mengelola portofolio investasi Anda. Robo advisor menggunakan teknologi untuk memberikan rekomendasi investasi kepada Anda berdasarkan tujuan dan profil risiko Anda.

Ada banyak robo advisor yang tersedia di Indonesia, dan masing-masing memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda-beda. Dalam memilih robo advisor yang tepat untuk portofolio investasi Anda, perhatikanlah beberapa hal berikut:

1. Keuntungan dan kerugian

Setiap robo advisor pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum memilih suatu robo advisor, pelajari dulu bagaimana sistem kerja robo advisor tersebut, apakah sesuai dengan gaya investasi Anda, dan pelajari juga kinerja robo advisor tersebut dalam jangka panjang. Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan robo advisor tersebut.

2. Pelayanan pelanggan

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pun kendala saat menggunakan suatu robo advisor, pastikan bahwa layanan pelanggan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut cukup baik. Pastikan juga bahwa perusahaan tersebut menyediakan fasilitas untuk menghubungi mereka secara langsung melalui telepon atau e-mail jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut.

3. Keamanan dan keandalan sistem

Pastikan bahwa robo advisor yang akan Anda pilih telah melewati berbagai pemeriksaan keamanan, sehingga data investasi Anda aman dan tidak dapat diakses oleh siapapun selain Anda sendiri. Periksalah juga keandalan sistem robo advisor dengan mempelajari laporan kinerjanya dalam jangka panjang.

4. Kebijakan investasi

Terakhir, pastikan bahwa kebijakan investasi yang diterapkan oleh robo advisor tersebut cocok dengan gaya investasi Anda. Pelajari strategi investasinya dan pastikan bahwa robo advisor tersebut mampu memberikan rekomendasi investasi yang sesuai dengan tujuan dan preferensi Anda.

Dengan mempertimbangkan semua aspek ini, Anda akan mampu memilih robo advisor yang tepat untuk portofolio investasi Anda.

Rekomendasi Robo Advisor Terbaik Indonesia

Robo advisor adalah sebuah sistem yang menganalisis data investasi Anda dan memberikan rekomendasi investasi kepada Anda. Robo advisor terbaik Indonesia adalah:

1. Modalku
2. Jenius Invest
3. Bareksa
4. Halo Dana
5. Koinworks
6. Ajaib
7. Digit Asset
8. Fundtastic
9. Investree
10. Halodoc Invest

Menurut data terakhir yang dirilis oleh OJK pada September 2020, ada sekitar 50 perusahaan manajemen aset digital (dam) yang telah mendapatkan izin usaha. Jadi, bagaimana cara memilih Robo Advisor yang tepat untuk portofolio investasi Anda?

Pertama, perhatikanlah reputasi perusahaan tersebut. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan dan bagaimana track record-nya dalam mengelola dana nasabah. Kedua, pastikan perusahaan tersebut memiliki sertifikasi dari OJK. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa perusahaan telah memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh OJK. Ketiga, perhatikan juga fitur dan pelayanan yang ditawarkan oleh Robo Advisor. Pastikan bahwa semua fitur dan pelayanan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai investor.

Setelah mempertimbangkan ketiga hal di atas, Anda dapat memilih Robo Advisor yang tepat untuk portofolio investasi Anda.