Scroll untuk baca artikel
BeritaMedanMediaOrganisasi

Klinik Reboisasi bersama USAID IUWASH Tangguh dan Forum DAS Sumut akan Gelar Event Hari Sungai 2023

341
×

Klinik Reboisasi bersama USAID IUWASH Tangguh dan Forum DAS Sumut akan Gelar Event Hari Sungai 2023

Sebarkan artikel ini

Hari Sungai Nasional ditetapkan oleh pemerintah pada tanggal 27 Juli sejak tahun 2011. Ketetapan ini termuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011, Pasal 74.

Adanya Hari Sungai Nasional diharapkan dapat menggerakkan kepedulian masyarakat untuk bergotong royong menjaga kebersihan dan kelestarian sungai. Selain itu, adanya Hari Sungai Nasional diharapkan dapat membantu pemerintah untuk melakukan proses ‘penyembuhan’pada sungai-sungai yang rusak dan tercemar di Indonesia.

Sungai adalah alur atau wadah air alami dan/atau buatan berupa jaringan pengaliran air beserta air di dalamnya, mulai dari hulu sampai muara, dengan dibatasi kanan dan kiri oleh garis sempadan.

Karakter aliran sungai bersifat rentan, bervariasi dan berbeda untuk tiap wilayah, karena dipengaruhi oleh kondisi geohidrobiologi setempat, antara lain yaitu distribusi curah hujan, geologi, dan sosial budaya masyarakat.

Jelang Peringatan Hari Sungai Nasional pada tanggal 27 Julli tahun 2023, Klinik Reboisasi Bersama USAID IUWASH Tangguh dan Forum DAS Sumut akan menggelar beberapa kegiatan diantaranya:

  • Penanaman Pohon
  • Penebaran Benih Ikan
  • Event (Fotografi, Melukis dan Menulis Cerita)