Scroll untuk baca artikel
FeaturedNasional

ITB Jalin Kerja Sama dengan Otorita IKN, Dukung Pembangunan Ibu Kota Nusantara

311
×

ITB Jalin Kerja Sama dengan Otorita IKN, Dukung Pembangunan Ibu Kota Nusantara

Sebarkan artikel ini

Jakarta, 15 September 2023 – Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin kerja sama dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) untuk mendukung pembangunan IKN. Kerja sama ini mencakup berbagai bidang, antara lain rekayasa teknologi, energi, ICT, dan humaniora.

ITB siap berkontribusi terhadap pembangunan IKN Nusantara. Kami memiliki kepakaran di berbagai bidang yang dapat mendukung pembangunan IKN,” kata Rektor ITB Reini Wirahadikusumah dalam keterangannya, Selasa (15/9).

Salah satu bentuk kontribusi ITB adalah melaksanakan 14 program pengabdian masyarakat di sejumlah desa penyangga IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara dan di Kabupaten Kutai Kertanegara. Program ini mencakup bidang ketahanan energi, ketahanan pangan, dan sosial humaniora.

Dalam pelaksanaannya, para dosen dan mahasiswa ITB berperan dalam berbagai hal, antara lain pembangunan penyediaan sumber air besih berbasis energi hijau, pengolahan sampah anorganik; penyediaan ketahanan pangan dengan produktivitas hortikultura, budidaya ikan, urban farming dan teknologi smart-farming; Revitalisasi lahan bekas tambang; Pemetaan infrastruktur energi dan konektivitas antar desa; hingga pembangunan manusia sebagai insan kota cerdas melalui pembangunan karakter kebangsaan dan kemampuan komunikasi berbahasa asing.

Doc: www.itb.ac.id

“Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi pembangunan IKN Nusantara,” kata Reini.

Kerja sama ITB dengan Otorita IKN mencakup:

  • Pengembangan teknologi dan rekayasa untuk mendukung pembangunan IKN, seperti pembangunan infrastruktur, energi, dan transportasi.
  • Pengembangan sumber daya manusia untuk IKN, melalui program pendidikan dan pelatihan.
  • Penelitian dan pengembangan untuk mendukung pembangunan IKN, seperti penelitian tentang mitigasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

Kerja sama ini diharapkan dapat mewujudkan IKN Nusantara sebagai ibu kota yang cerdas, berkelanjutan, dan inklusif. ***