Scroll untuk baca artikel
Berita

Tembus Pandemi, Pasar Modal Indonesia Capai Pencapaian Tertinggi Sepanjang Sejarah

321
×

Tembus Pandemi, Pasar Modal Indonesia Capai Pencapaian Tertinggi Sepanjang Sejarah

Sebarkan artikel ini

Jakarta, 2 Juli 2024 – Pasar modal Indonesia berhasil mencatatkan pencapaian gemilang dengan mencapai nilai tertinggi sepanjang sejarah, meskipun tantangan ekonomi global yang dihadapi akibat pandemi COVID-19. Data dari Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan bahwa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencapai puncaknya hari ini, mencatat kenaikan signifikan sebesar 15% dalam satu bulan terakhir.

Prestasi ini terutama didorong oleh investor domestik yang semakin percaya diri dengan kebijakan pemerintah yang pro-investasi dan reformasi struktural yang dilakukan. “Kami melihat adanya peningkatan minat dari investor institusional maupun ritel dalam beberapa sektor kunci seperti teknologi, infrastruktur, dan energi,” ujar Direktur Utama BEI, Budi Santoso.

Peningkatan ini juga sejalan dengan langkah-langkah regulasi yang lebih transparan dan mendukung, termasuk percepatan digitalisasi dalam perdagangan saham dan pelaporan keuangan perusahaan. “Pasar modal Indonesia telah menunjukkan resiliensi yang luar biasa dalam menghadapi berbagai turbulensi ekonomi global,” tambah Budi.

Namun demikian, tantangan tidak bisa dianggap remeh. BEI dan pelaku pasar terus memantau potensi dampak dari volatilitas pasar global serta kondisi ekonomi internal. “Kami tetap berkomitmen untuk memastikan ekosistem pasar modal tetap stabil dan memberikan kepastian bagi investor,” ungkap Budi.

Para analis pasar juga menyoroti bahwa keberhasilan ini memberikan sinyal positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan, dengan harapan akan menarik lebih banyak investasi baik domestik maupun asing ke dalam negeri.

Dengan capaian gemilang ini, pasar modal Indonesia telah menunjukkan bahwa ketahanan dan adaptasi terhadap perubahan ekonomi global merupakan kunci dalam membangun fondasi yang kuat untuk masa depan yang lebih baik.