Ketua PW Persis M.Nuh,MSP brrsama Dr. Tiar Anwar Bachtiar foto bersama dengan Pimpinan Daerah Kabupaten Kota.

 

Hamparan Perak-wartaindonesiaonline.com. Pengurus Pimpinan Wilayah (PW) Persatuan Islam Sumatera Utara melaksanakan Musyawarah Kerja Wilayah II sabtu dan Ahad, 21 – 22 J. Awal 1443 H/ 25 – 26 Desember 2021 M. Di Pesantren PPI 343 Ash Siddiqin Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Ketua PW Persis Sumut H. Muhammad Nuh, MSP menyampaikan Musyawarah ini adalah tuntutan organisasi sesuai Qanun Azazi dan Qanun Dhakili (AD/ART) guna menyusun dan merancang program kerja berkesinambungan tahun 2022 hingga 2023 dengan mengangkat thema,
” Mengokohkan Gerakan Dakwah Persatuan Islam, Menggerakkan Bangsa dan Menyatukan Umat Melalui Pendidikan Menuju Sumut Bermartabat”.
Sumatera Utara yang terdiri multi etnis, bahasa, entitas keumatan, ormas dan lain sebagainya, oleh karena itu Persis Sumut akan menumbuhkan Spirit Persatuan dan Kesatuan bangsa ditengah potensi ancaman keretakan hingga perpecahan yang saat ini sedang terjadi.

Sekretaris Persis SU Abdul Aziz, ketua PZU, Tauhid Ichyar serta Waketua 1 Surya Darma.

Hari ini, potensi tersebut terjadi dan berserakan dimana-mana, oleh karena itu dalam Musyawarah Kerja II ini program kedepannya kami hadir dan ingin menjadi bagian pemersatu umat dan bangsa ini sesuai dengan nama Persatuan Islam tegas Muhammad Nuh.
Sumatera Utara dengan luas wilayah 72.981 km2
Populasi penduduk 15 juta lebih yang tersebar di 33 kabupaten, kota, dengan jumlah pemeluk agama terdiri dari :
10,06 juta jiwa (66,3 persen) beragama Islam, 4,08 juta (26,9 persen) Kristen dan 655,81 ribu beragama khatolik, ini menjadi kekuatan dan potensi besar untuk mendorong kemajuan yang patut diperhitungkan, ujar Nuh yang saat ini diamanahi sebagai Anggota DPR RI di Komite I, Perwakilan Sumatera Utara.
Musykerwil II ini dihadiri Dr. Tiar Anwar Bachtiar, Sejarawan dan Ketua Bidang HMK PP Persis,
Menyampaikan materi
“Sejarah Kejayaan Islam dan Tantangan di Masa yang Akan Datang”
Ustadz Tiar. sebelumnya dalam tabligh akbar beliau menyampaikan bahwa sejarah bukan hanya sebagai cerita-cerita fungsinya adalah ibroh,
Sejarah akan tetap berulang yang bedanya hanya pelakunya, aktornya saja tegasnya.

Baca Juga  Apel Perdana Tahun 2022, Plt Walikota Tanjungbalai Ajak Tingkatkan Semangat Kerja

Musykerwil dihadiri PD. Persis Batu Bara, PD. Persis Simalungun, PD. Persis Labuhan Batu, PD. Persis Labusel, PD. Persis Pakpak Bharat, Medan dan Langkat, serta Persistri Se Sumut.
dan masyarakat Hamparan Perak ujar Surya Dharma selaku ketua Panitia dan sekaligus Mudir Aam pesantren.

Dihadapan seluruh peserta musyawarah Kerja Wilayah yang dihadiri seluruh PD Persis dan peninjau Pengurus Cabang Persis Se Sumut Dr. Fikri Alhaq Fahriyana Ketua Cabang JNE Utama Medan selaku motivator dan Juga ketua PD Persis Kota Medan menyampaikan dengan semangat bagaimana umat harus mengoptimalkan potensi diri atau optimalisasi 3 kecerdasan, Intelligence Quotient, Emotional quotient, Spiritual Quotient.
Visi besar kita adalah Falah, yang berarti Tumbuh dengan Subur, berkembang, memiliki peruntungan, Sukses dunia akhirat ujar Fikri.
Sebelumnya Ir. Tauhid Ichyar selaku Ketua Pusat Zakat Umat (PZU) Sumut menyampaikan perkembangan PZU saat pandemi mewabah alhamdulillah PZU tetap semangat bergerak menebar kebaikan, menjemput ridho Allah, dengan memperbaiki kinerja dan menambah jumlah relawan sehingga pengumpulan ZIS terus bertambah, proyeksi kedepan PZU akan mengembangkan sayapnya dengan bermitra dengan stakeholder di kota medan.
Tauhid menjelaskan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) telah beroperasional di beberapa Kabupaten Kota di Sumut.

Insya Allah dengan dilaksanakan Musykerwil II ini di Pondok Pesantren Islam (PPI) 343 Hamparan Perak ini adalah menjadi tonggak sejarah bahwa PW. Persis Sumut telah membangun basis umat melalui Pendidikan dan dakwah ujar Abdul Aziz, selaku Sekretaris PW. Persis Sumut.
Persis harus terus bergerak tumbuh dan berkembang di bidang dakwah, pendidikan dan sosial.
Ketua PW Pemuda Persis Sumut, Joko Imawan, MP.d hadir bersama jajaranya
Dakwah tidak akan optimal dilakukan sendiri-sendiri, harus berjamaah untuk itu Persatuan Islam hadir di Sumatera Utara.
Pada waktu dan tempat yang bersamaan Pimpinan Wilayah Persatuan Istri (Persistri) Sumut juga melaksanakan Musykerwil dan melaksanakan pelantikan PD. Persistri Deli Serdang Oleh Ketua Umum Persistri Ustadzah Dra. H. Lia Yuliani, M. Ag dan rombongan didampingi Ketua PW. Persistri Sumut Ustazah Dariantini, MA
Diharapkan dengan Musykerwil yang bersamaan ini dapat menghasilkan program yang sustanable, program yang berkelanjutan serta Sinergi antara Persis dan Persistri pungkas Aziz Sekretaris PW. Persis Sumatera Utara.
(r/Aziz)

Tinggalkan Balasan