wartaindonesiaonline.com – SAMARINDA, (Kaltim) – Seekor buaya berukuran 4,7 meter ditemukan berada di kawasan wisata Labuan Cermin, Kecamatan Biduk-biduk, Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Buaya tersebut kini telah dievakuasi pada pukul 08.30 Wita oleh pengelola wisata.

Saat pengunjung tiba melihat seekor buaya langsung di beritahukan ke pihak pengelola dan langsung melakukan pengecekan di sekitar tempat wisata. Saat dicek ternyata ada benar bahwa buaya besar ada di dalam,” Rabu (29/12/2021).

Pihak pengelola langsung meminta bantuan kepada tim gabungan TNI AL, anggota BPBD, dan kepolisian untuk mengevakuasi buaya tersebut. Rencananya, buaya tersebut akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim untuk dipindahkan ke tempat yang jauh dari permukiman atau wisata. “Ini anggota BKSDA sedang perjalanan menuju ke sini untuk menjemput buaya, sementara buaya masih kami amankan dulu,” jelasnya.

“Butuh sekitar 2 jam untuk mengevakuasi buaya ini, dengan cara digiring ke perairan dangkal dan mengaitkan mulutnya dengan tali dan dibawa menuju darat,” ucap Iqbal.

Penangkapan buaya besar itu pun menjadi tontonan warga sekitar. “Nggak bisa dipungkiri memang setelah berhasil di evakuasi, buaya itu jadi tontonan warga,” terangnya.
Setelah buaya ditangkap, tempat wisata yang dikenal dengan air dua rasa itu tetap ditutup sementara demi memastikan keamanan para pengunjung.

“Hari ini masih kami tutup, rencananya besok kami akan melakukan pembersihan semak-semak di pinggiran untuk memastikan tidak ada lagi hewan buas yang berada di lokasi Labuan Cermin,” ungkapnya. AR

Baca Juga  Septia Nanda Bakal Calon Kepala Desa Bangun Sari Baru Tokoh Muda Yang Berpotensi

Tinggalkan Balasan